Thursday, 9 February 2017

Contoh Proposal Usaha

PROPOSAL USAHA
PRODUKSI KAOS KOMUNITAS / PERUSAHAAN
KERJASAMA DENGAN WWW.CIPTALOKA.COM


 OLEH :
BACHTIAR SYAH GINTING - BP. 131400005




KATA PENGANTAR


Puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua dan pada saya khususnya sehingga dapat menyelesaikan proposal ini.
Keberhasilan dalam penyusunan proposal ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak. Untuk itu tak lupa penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terutama Bapak Ir. Firlan, MM selaku Dosen Mata Kuliah Kewirausahaan pada jurusan Sistem Informasi STMIK Indonesia Padang. Proposal usaha ini diajukan untuk memenuhi ujian tengah semester genap tahun ajaran 2015/2016.
Besar harapan saya proposal ini dapat bermanfaat bagi semua pihak untuk dijadikan pertimbangan dan koreksi selanjutnya. Saya mohon maaf apabila dalam penyusunan proposal ini terdapat kesalahan dalam bahasa ataupun tulisan. Saya juga menerima kritik dan saran dari pembaca yang nantinya akan berguna bagi saya. Terima kasih.

Padang,  April 2016

                                                                                                Penyusun



DAFTAR ISI









BAB I

PENDAHULUAN


A.      Latar Belakang

Desain Kaos Komunitas/Event yang kemudian menjadi semacam aktualisasi pemakainya, bisa diramalkan akan tetap terus digemari. Elemen desain berupa typohraphy yang sangat menarik dan penuh maksud sangat berpeluang diminati masyarakat. Apalagi perkembangan dunia konsumen yang sangat memanjakan aktualisasi pribadi. Siapa pun Anda, konsumen, pemilik perusahaan, manajeman band, atau siapapun, bisa dengan mudah menunjukkan siapa diri Anda hanya dengan memakai kaos dengan desain typohraphy atau perpaduan elemen desain lain.
Namun demikian untuk memulai usaha ini tidaklah gampang dan membutuhkan modal yang tidak sedikit. Ciptaloka.com bisa menjadi pilihan bagi yang berminat usaha di bidang ini tapi tidak memiliki modal besar. Dengan bekerjasama dengan ciptaloka.com kita bisa memulainya dengan modal minim.
Ciptaloka.com adalah sebuah situs "Print on Demand" (barang dicetak setelah ada pesanan) yang menyediakan layanan untuk mencetak gambar secara custom di berbagai macam media, seperti T-Shirt (Kaos), Casing Handphone (Iphone, Samsung, dll), Mug, Poster, Kanvas, dan banyak produk lainnya. Pembuatan produk custom kini dapat dilakukan dengan mudah dan praktis menggunakan Online Editor Ciptaloka. Selain itu ciptaloka.com juga menyediakan jasa desain gratis, untuk mengerjakan desain-desain sederhana.

A.  

B.       Visi Dan Misi

1.      Visi

“Memajukan usaha produksi kaos komunitas/event dan professional dalam melayani konsumen “

2.      Misi

a.     Memberi kebebasan konsumen dalam menentukan desain kaos komunitas/event.
b.     Melayani pembuatan desain kaos sesuai keinginan konsumen dengan bantuan ciptaloka.com. 
c.     Memuaskan konsumen dengan desain dan mutu kaos berkualitas.





C.      Tujuan Usaha

Adapun tujuan dari usaha produksi kaos komunitas/event adalah :
1.    Menerapkan materi kewirausahaan ke dalam praktek dunia usaha
2.    Melatih diri menjadi seorang wirausahawan yang sukses
3.    Memperoleh keuntungan.



BAB II

DESKRIPSI USAHA


A.      Foto-Foto Produk

1.         Foto Produk Sebelum Desain

     

Gambar 1 : Foto Tampak Depan Asli




Gambar 2 : Foto Tampak Belakang Asli


2.         Foto Produk Sesudah Desain



Gambar 3 : Foto Tampak Depan Desain



Gambar 4 : Foto Tampak Belakang Desain

B.       Langkah Kerja

1.    Memilih jenis kaos sesuai dengan pesanan pelanggan yang tersedia di www.ciptaloka.com.
2.    Mengupload gambar sesuai keinginan pelanggan.
3.    Menambahkan teks sesuai keinginan pelanggan.
4.    Menambahkan clipart sesuai keinginan pelanggan.
5.    Memesan produksi kaos ke www.ciptaloka.com.
6.    Mendistribusikan kaos ke pelanggan

C.      Harga Pokok Produksi

1.         Harga Pokok

a.     Ciptaloka.com menyediakan pilihan harga kaos berkualitas antara 75.000 s/d 100.000 rupiah per pcs.
b.    Ongkos desain 25.000 s/d 50.000 per pcs

2.         Harga Jual Produk

a.     Harga Jual = Harga Pokok + Ongkos Desain + Ongkos Kirim + Keuntungan.
b.    Harga jual berkisar antara 150.000 s/d 200.000 per pcs

D.      Pemasaran  Produk

1.         Pangsa Pasar

a.    Komunitas atau kelompok sosial dari berbagai kalangan baik di media sosial maupun di lingkungan kerja penyusun.
b.    Penyelenggara event dari berbagai kalangan baik di media sosial maupun di lingkungan kerja penyusun.

2.         Media Pemasaran

Pemasaran produk dilakukan secara online melalui media sosial. Media sosial dipilih karena banyaknya komunitas dan penyelenggara event mempromosikan kegiatannya melalui media sosial. Pemasaran produk dilakukan tidak hanya melalui perangkat komputer yang berbasis windows tetapi juga melalui perangkat smartphone yang berbasis android.




E.       Prediksi Penjualan, Kelemahan dan Keunggulan Produk

1.         Prediksi

Produk kaos ini akan dijual sendiri oleh penyusun. Penyusun memprediksi penjualan akan meningkat dari waktu ke waktu bukan hanya karena produk yang ditawarkan memiliki banyak peminat tetapi juga karena promosi akan dilakukan secara gencar serta karena penyusun memiliki akses berkomunikasi ke komunitas dan penyelenggara event di sekitar lingkungan kerja penyusun.

2.         Kelemahan Produk

1.    Terbatasnya pilihan merk kaos yaitu hanya kaos Premium standar Distro Bandung dan Kaos merek Gildan®.
2.    Harga jual yang tidak bisa ditawar.
3.    Banyaknya produk sejenis.

3.         Keunggulan Produk

1.    Setiap kaos telah melewati proses quality control yang ketat sehingga mutu dan kualitas kaos terjamin oleh ciptaloka.com antara lain kaos Premium standar Distro Bandung dan Kaos merek Gildan®. Untuk kaos premium standar Distro Bandung, kami menggunakan bahan kaos 100% Premium Cotton Combed 24S yang adem dan nyaman dipakai. Kaos jenis ini banyak digunakan oleh distro-distro terkenal. Kaos Gildan® adalah kaos standar impor yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.
2.    Penggunaan teknologi digital printing terkini, yaitu Direct To Garment (DTG) dengan jaminan kualitas terbaik. Hasil cetakannya dijamin bagus, tidak akan mengecewakan, karena kita memakai tinta khusus garment import dari Amerika. Tinta langsung menyerap di atas serat kain dan warna tidak akan pudar setelah dicuci. Hasil sablon terlihat halus, dengan warna tajam dan gradasi mendetail.
3.    Untuk kaos warna gelap digunakan tinta putih (white ink) import dari Amerika. Untuk proses printing kaos gelap, pertama-tama dasar tinta putih akan dicetak terlebih dahulu, sebelum kemudian dicetak tinta warna diatasnya. Karena perlu melalui dua tahap, maka harga kaos yang menggunakan tinta putih relatif lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak memakai tinta putih.
4.    Melayani pesanan satuan.




F.       Kebutuhan Pendanaan Usaha

1.         Modal Produksi

Modal Awal = HPP Maximal X Perkiraan Jumlah Produksi Awal
Modal Awal = Rp. 150.000,-  X 100 pcs = Rp. 15.000.000,-

HPP = Harga Pokok Produksi

Modal Awal untuk menjaga kemampuan pemenuhan pesanan demi menjaga kepercayaan pelanggan.
           

2.         Modal Promosi

Modal Promosi = Paket Data Internet Smartphone selama 1 bulan
Modal Promosi = Rp. 100.000,-

Modal Promosi menggunakan paket Indosatooredoo unlimited untuk stabilitas komunikasi dan respon cepat terhadap permintaan pelanggan.

3.         Total Kebutuhan Dana Usaha

Total Modal = Modal Awal + Modal Promosi
Total Modal = Rp. 15.000.000,-  +  Rp. 100.000,- = Rp. 15.100.000,-


G.      Tentang Ciptaloka.com

1.    Ciptaloka adalah sebuah online shop terpercaya yang menyediakan layanan Print on Demand untuk mencetak gambar secara custom di berbagai macam media, seperti Kaos, Casing Handphone, Mug, Canvas, Sarung Bantal, dan masih banyak lagi.
2.    Ciptaloka.com adalah perusahaan online, sehingga tidak memiliki toko fisik.
3.    Pelanggan dapat menggunakan Ciptaloka Online Editor untuk mengupload dan menyesuaikan tampilan gambar pada produk, atau hubungi desainer ciptaloka.com untuk jasa bantuan desain.
4.    Tidak ada minimum pemesanan di situs kami. Pesan satu barang pun akan kami layani dan kami kirim ke seluruh daerah di Indonesia.
5.    Kami adalah toko online yang menggunakan sistem printing on-demand (barang dicetak setelah ada pesanan), jadi semua barang selalu ready stock.
6.    Harga yang tertera di website ciptaloka.com adalah Harga Pas dan mohon maaf tidak bisa kurang lagi.
7.    Harga yang tertera di website belum termasuk ongkos kirim. Ongkos kirim akan ditentukan kemudian pada saat checkout, setelah memasukan informasi alamat pengiriman.

8.    Saat ini ciptaloka.com tidak menerima penukaran barang untuk ganti ukuran ataupun desain gambar. Baju boleh ditukar jika terjadi kesalahan dari ciptaloka.com, seperti salah kirim ukuran, cacat produk, kesalahan cetak gambar, atau hasil cetakan tidak sesuai harapan.
9.    Dalam keadaan normal, barang akan dikirim antara 1-3 hari kerja (Senin-Sabtu).
10.  Silahkan klik Cek Order untuk mencek status orderan Anda. Masukkan kode order dan no. handphone yang Anda gunakan pada saat berbelanja di situs kami.
11.  Ciptaloka.com menyediakan berbagai tipe kaos, antara lain kaos Premium standar Distro Bandung dan Kaos merek Gildan®. Untuk kaos premium standar Distro Bandung, kami menggunakan bahan kaos 100% Premium Cotton Combed 24S yang adem dan nyaman dipakai. Kaos jenis ini banyak digunakan oleh distro-distro terkenal. Kaos Gildan® adalah kaos standar impor yang tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Setiap kaos telah melewati proses quality control yang ketat sehingga mutu dan kualitas kaos terjamin.
12.  Ciptaloa.com menggunakan teknologi digital printing terkini, yaitu Direct To Garment (DTG) dengan jaminan kualitas terbaik.
13.  Hasil cetakannya dijamin bagus, tidak akan mengecewakan, karena kita memakai tinta khusus garment import dari Amerika. Tinta langsung menyerap di atas serat kain dan warna tidak akan pudar setelah dicuci. Hasil sablon terlihat halus, dengan warna tajam dan gradasi mendetail.
14.  Kami menggunakan tinta putih (white ink) import dari Amerika. Untuk proses printing kaos gelap, pertama-tama dasar tinta putih akan dicetak terlebih dahulu, sebelum kemudian dicetak tinta warna diatasnya. Karena perlu melalui dua tahap, maka harga kaos yang menggunakan tinta putih relatif lebih mahal dibandingkan dengan yang tidak memakai tinta putih.
15.  Untuk pengiriman ke seluruh daerah di Indonesia, kita menggunakan jasa JNE dan Pos Kilat.
16.  Untuk saat ini ciptaloka.com hanya melayani pembayaran melalui transfer ke rekening BCA, Mandiri, dan BNI.
17.  Untuk saat ini ciptaloka.com belum bisa menyediakan fasilitas pembayaran Cash On Delivery (COD).



BAB III

PENUTUP


A.      Kesimpulan

Hal paling penting dalam menjalankan suatu usaha adalah kerja keras, keinginan untuk maju dan kedisiplinan menjalankan suatu usaha. Usaha ini dapat dijadikan kerja sampingan yang menguntungkan ataupun usaha yang dijadikan penghasilan utama yang menjanjikan.
Untuk itu penyusun sangat mengharapkan bantuan bagi pendanaan usaha produksi kaos komunitas / perusahaan dari berbagai pihak demi kemajuan dunia usaha Indonesia.

B.       Saran

Penyusunan proposal ini memerlukan perbaikan, kritik dan saran yang sifatnya membangun. Sehingga penyusunan proposal di masa mendatang akan lebih baik lagi. Untuk itu penyusun mohon saran dalam melengkapi proposal ini. Dan diharapkan dengan disusunnya proposal ini dapat menjadi panduan untuk membuat proposal usaha serta dapat menambah lapangan kerja baru yang bisa mengurangi pengangguran di Indonesia.




No comments:

Post a Comment